"Pendidikan Kritis" Sebagai Solusi Pembaharu Pendidikan

Foto Firman Ilahi







Pendidikan di era milenium mempunyai banyak problematika yang harus di hadapi, hal ini menjadi tantangan besar bagi lembaga-lembaga Pendidikan baik Negri maupun Swasta, berbagai teori tentang Pendidikan bayak bermunculan dalam literasi yang kita baca sebagai pembaharu dalam dunia Pendidikan.

Dari banyak teori tentang Pendidikan, salah satu yang  menjadi teori pembaharu dalam Pendidikan adalah teori Kritis. Teori ini lahir seiring dengan perkembangan pemikiran dan praktik kehidupan Manusia, khusuusnya setelah perang Dunia II. Dalam bidang Filsafat mulai muncul ide-ide baru mengenai sistem kehidupan yang berlaku sesudahnya masa Kolonialisme.

Dilihat dari segi historis, pola Pikir dan siksp Kritis ini sudah muncul sejak zamannya Immanuel Kant. Pemikiran kant ini muncul sebagai respon atas kebekuan pemikiran karna terjebak dalam dogmatisasi emperisme dan rasionalisme. Sehingga kant mengkolaborasikan keduanya dan melahirkan teori Kritisisme. tidak sampai disini teori Kritis terus di kembangkan oleh beberapa tokoh Filsuf. 

Salah satu tokoh yang mengiringi lahirnya Pendidikan Kritis adalah poulo freire dengan bukunya yang berjudul “pedagogy of the oppressed”.  Paulo Freire menjadi tokoh terahir dalam mengembangkan teori Kritis, sehingga dapat dikatakan sebagai pelopor dan pengukuh Pendidikan Kritis.

Wacana teori Kritis terus berkembang memasuki wacana teori Pendidikan. Yang mana teori ini mengkritik teori Pendidikan yang sudah ada yaitu konservatif dan liberal, sehingga teori Kritis menjadi warna dalam paradigma baru Pendidikan yang diyakini mampu memberdayakan generasi mendatang serta mampu menghidupakan generasi untuk menghadapi era milenium baru.

Dari sinilah, kemudian terinspirasi lahirnya paradigma baru dalam teori Pendidikan, yang disebut dengan Pradigma Pendidikan Kritis, sebagai suatu wacana tanding untuk paradigma Pendidikan yang sudah ada.

Penulis: Firman Ilahi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curahan Hati Untuk Nahkoda Baru PMII UNZAH Genggong Probolinggo

Ruang Riung Mahasiswa pada Tempat Terbuka

PMII DAN KEPAKARAN KEILMUANNYA