PK2MB 2019 Mungkinkah Masih seperti Kemarin?



Di kampusku sudah mulai ramai dengan mahasiswa baru, momen pendaftran telah selesai dan tes masuk sudah keluar pengumuman. Tinggal satu momen yang akan menjadi paling berkesan bagi kalian mahasiswa baru. Apa itu...? Pengenalan tentang hal-hal yang luar biasa dari kampus yang kamu pilih. Karena tidak mungkin dikenalkan kepada kalian yang sebetulnya penuh dengan keburukan.

Momen yang dikenal sangat berkesan itu ternyata tidak menjadi berkesan di kampusku. Kenapa begitu...? Kerena selama tiga tahun berlangsung, Kampus telah mengambil alih kekuasaan untuk menguasai masa pengenalan itu. Diambil alihlah kepanitiaan masa orientasi tersebut oleh para dosen dan karyawan yang ada di kampus. Sungguh sangat lucu bagi saya yang sudah mengalami hal tersebut.

Mungkin kalian mahasiswa baru akan berfikir bahwa masa pengenalannya akan bertatapan dengan kakak tingakatnya (Senior) di kampusnya. Namun semua itu akan hanya menjadi angan, dan semula yang kau anggap akan menjadi berekesan ternyata tidak. Tetapi justru membuatmu bosan. Karena itu juga menjadi pengalamanku pada masa itu.

Sudah tiga tahun berlangsung masa pengenalan telah diambil alih oleh kampus. Saya mengamati betul, bahwa masa pengenalan yang diambil alih itu berjalan monoton. Datang pagi duduk samapai istirahat, kembali lagi samapai pulang begitu kira-kira secara sederhana rentetan acaranya, mungkin kalian akan berpikir seperri ikut seminar. Ya betul kira-kira seperti itu gambarannya. Hal ini sangat disayangkan, karena masa pengenalan bagi mahasiswa baru harusnya menjadi ajang melatih mental dan membentuk karakter mahasiswa yang sesungguhnya.

Hal apa yang membuat ini terjadi saya juga tidak tau, apa karena keinganan civitas akdemika untuk kembali mengenang masa-masa menjadi mahasiswa dulu. Hehehe. Sehingga menjadi panitia pada masa pengenalan bagi mahasiswa baru, bisa juga karena problematika yang lain. Atau jangan-jangan sebagai ajang doktrinasi, menakut-nakuti agar mahasiswa jinak tidak mempunyai nalar kritis, sehingga kebijakan-kebijakan kampus berjalan aman tanpa perlawanan. 

Sungguh miris. Jangan halangi harapan besar mahasiswa baru hanya karena kalian takut kritik atau bahkan anti kritik. Didiklah mahasiswa jangan seperti mendidik siswa, kalian tentu pernah menjadi mahasiwa pasti lebih tau kalau mahasiswa sangat berbeda dengan siswa.

Sengaja ini saya tulis sebelum masa pengenalan berlangsung di kampusku, atau bahkan masih lama, karena kabar untuk itu juga belum terdengar. Ohhh iya, karena di kampusku masa pengenalan namanya Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) maka judul pada tulisan ini saya beri "PK2MB 2019 Mungkinkah Masih seperti Kemarin?".

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curahan Hati Untuk Nahkoda Baru PMII UNZAH Genggong Probolinggo

Ruang Riung Mahasiswa pada Tempat Terbuka

PMII DAN KEPAKARAN KEILMUANNYA