Jadilah Kaum Terdidik jangan Kaum yang Tertindas

Potret Mahasiswa Baru untuk mendaftar PK2MB

Perhelatan Akbar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) sebagai momen berharga dan proses orientasi bagi mahasiswa baru agaknya akan segera dilaksanakan di kampusku, siang tadi tak sengaja saya ke kampus datang untuk sekedar jalan dan melihat situasi. Riuhnya mahasiswa baru terlihat mondar mandir di teras akademik yang punuh dengan aura semnagat mendaftarkan diri untuk mengikuti momen berharga itu selama menjadi mahasiswa.

Mahasiswa adalah kaum terdidik, mandiri dan sudah dianggap mampu untuk menentukan pilihannya sendiri. Namun jangan heran kalian (Mahasiswa baru) terkadang bukan lagi seperti hal di atas, justru kalian menjadi kaum terindas. Mungkin kalian akan bertanya siapa yang akan menindas dan seperti apa bentuk penindasannya.?

Iya, kalian akan menjadi kaum tertindas ketika pikiran kalian telah dikerdilakan oleh kekuasaan atau orang-orang yang mempunyai kekuasaan. Yang semulanya kalian berpikir mahasiwa itu bebas harus kritis justru menjadi sebaliknya, diberikan doktrinasi, ditakut-takuti untuk dijinakkan agar tak punya kuasa untuk melawan. Begitulah kira-kira oknum yang ada di kampus akan menjadikanmu kaum tertindas bukan kaum terdidik.

Hanya dengan satu kata "LAWAN" untuk tidak menjadikan kalian kaum tertindas, jika kalian tunduk tanpa perlawanan nikmatilah menjadi penerus baris perbudakan "Jika kamu menghamba pada ketakutan, kita memperpanjang baris perbudakan" Wiji Thukul. Kutipan ini sangat pantas disandingakan kepada kalian jika menjadi penakut, dari pada menyandikan label mahasiswa.

Mahasiswa baru berpikirlah, berbicaralah dan bergeraklah sebelum kalian menjadi kaum yang tertindas, kampus butuh orang-orang yang kritis. Bukan orang-orang yang tunduk patuh pada kekuasaan dan gila kekuasaan. Takdirmu menjadi seorang mahasiwa adalah keistimewaan yang harus kalian perjuangkan dengan pengorbanan, kalau saja kalian terlena tunggulah saatnya penyesalan akan datang.

Selamat kalian akan menjadi mahasiswa, pilihlah menjadi mahasiwa yang terdidik atau tertindas. Perjalanan baru, semangat baru yang kalian jalani di dunia kampus akan banyak tekanan dan rintangan yang memang perlu perjuangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curahan Hati Untuk Nahkoda Baru PMII UNZAH Genggong Probolinggo

Ruang Riung Mahasiswa pada Tempat Terbuka

PMII DAN KEPAKARAN KEILMUANNYA