Berladang Amal di Bulan Berkah

Foto Sisi Nora Viara

Marhaban ya Ramadhan ! 
Senandung lantunan ayat ayat suci Alquran tengah menggema seantero jagat raya. Seluruh umat Islam tengah berbahagia dengan datangnya salah satu bulan mulia yakni bulan Ramadhan. Bulan mulia yang banyak di rindukan dan dirayakan dengan berpuasa wajib yang di anjurkan dalam rukun Islam.

Namun tak cukup dengan hanya berpuasa saja, tapi juga sebagai sarana pendekatan diri (spiritual) untuk memperbanyak amal dan menambah pahala. 

Dalam satu riwayat di jelaskan bahwa di dalam bulan Ramadhan pahala kebaikan akan di lipat gandakan, itulah mengapa orang muslim berlomba lomba untuk beribadah. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya " telah datang kepada kalian semua bulan Ramadhan bulan penuh berkah" (diriwayatkan oleh imam An Nasai). Bulan penuh berkah serta pengampunan dosa dosa dan dikabulkan nya doa doa.

Pada kenyataannya sering kita temui banyak orang yang mengatasnamakan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan, berleyeh - leyeh dan tak semangat. Namun itu salah ! Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan tapi puasa adalah ladang pengumpulan amal kebaikan yang bisa menjadi tiket menuju surga Nya. 

Di setiap kebaikan yang kita lakukan di bulan ramadhan akan di catat sebagai amal dan pahalanya akan di lipat gandakan, tak seperti bulan bulan yang lain. Sungguh, betapa mulianya bulan Ramadhan ini. 

Contoh kecil yang bisa kita terapkan selama Ramadhan adalah keistiqomahan sholat Tahajjud. Karena disaat kita terbangun untuk sahur dsitu kita dapat pula menjalankan ibadah shalat tahajjud. Yang biasanya susah bangun di sepertiga malam, ia akan terbangun dengan alasan sahur untuk esok berpuasa dan bisa langsung di teruskan dengan sholat tahajjud. Itu salah satu keistiqomahan dalam kebaikan yang bisa kita terapkan pada satu bulan Ramadhan ini.

Sebagai seorang muslim, tentu tujuan beribadah kita hanya untuk memperbanyak amal dan mendapat pahala kebaikan. Maka dari itu di bulan yang pernah berkah ini, mari kita senantiasa melakukan kebaikan agar iman kita terjaga dan pahala kita bertambah.

Penulis: Sisi Nora Viara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curahan Hati Untuk Nahkoda Baru PMII UNZAH Genggong Probolinggo

Ruang Riung Mahasiswa pada Tempat Terbuka

PMII DAN KEPAKARAN KEILMUANNYA